Home » , » Mengenal iPhone 2G

Mengenal iPhone 2G


Mengenal iPhone 2G

            iPhone 2G pertama kali diperkenalkan oleh Steve Jobs pada 9 Januari 2007 dalam acara MacWorld Expo di Moscone Center, San Francisco. Berbeda dengan ponsel pada umumnya yang begitu diumumkan langsung tersedia, iPhone memerlukan hampir setengah tahun untuk kemudian dijual. Tepatnya tanggal 29 Juni 2007, iPhone generasi pertama tersebut resmi dijual di Apple Store Amerika. Itu juga masih menggunakan sistem penjualan kontrak dengan bundle operator AT&T.

iphone 2g
iphone 2g


            Di hari pertama penjualan, 2G dapat dibeli dengan harga USD 499 atau Rp 5,73 juta (asumsi USD 1 = Rp 11.500) untuk model 4GB dan USD 599 atau Rp 6,88 juta untuk model 8GB tetapi dengan syarat harus kontrak dengan perusahaan AT&T selama 2 tahun. Saat ini, mungkin harga perangkat ini tidak akan jauh melebihi angka Rp 1 juta. 

Ponsel pertama yang dijual oleh Apple ini memberikan beberapa hal menarik yang belum pernah ada di zaman tersebut. Sebelum adanya iPhone 2G, manusia biasa menggunakan ponsel sederhana. 

Namun ketika Steve Jobs memperkenalkan iPhone 2G kepada dunia, sebuah perangkat komunikasi yang dibuat lebih interaktif dengan layar yang merespon terhadap sentuhan jemari tangan, orang-orang pun akhirnya berbondong-bondong pindah ke sebuah teknologi yang lebih maju.
            iPhone 2G memiliki dua varian memori internal, yaitu 4GB dan 8GB. Di saat itu, harganya adalah sekitar Rp 6,6 juta dan Rp 8 juta-an. Meskipun harganya sangat tinggi pada tahun 2007, namun iPhone 2G sangat diminati. Lantas, apa saja kelebihan iPhone 2G? Yang pertama, layar sentuh multitouch terbesar (pada saat itu) yang sukses melahirkan cara pengoperasian yang benar-benar baru. Adapun tombol akses minimalis dan beragam sensor seperti proximity, ambient light, dan accelerometer.

            Meski memiliki teknologi yang sangat tertinggal, seperti jaringan EDGE, kamera 2 MP tanpa autofocus atau lampu flash, Bluetooth stereo, dan hal-hal ‘jadul’ lainnya, namun untuk benda bersejarah, menurut berita teknologi terbaru iPhone 2G memiliki nilai yang sangat tinggi. Sebab, smartphone ini diburu para kolektor barang langka. Ponsel yang berhenti diproduksi pada tahun 2008 ini telah terjual sebanyak 6,1 juta unit di seluruh dunia.



0 komentar:

Post a comment