Home » » Cara Belanja Online Dengan Aman

Cara Belanja Online Dengan Aman

Cara Belanja Online Dengan Aman - Belanja online merupakan pembelian barang yang dilakukan secara online atau melalui internet, untuk informasi tentang bahasa belanja online sendiri bisa kamu lihat di Wiki

Cara belanja online yang aman memang tidak semua orang tahu, apalagi banyak penjual yang tidak bertanggung jawab saat ini. Untuk saya sendiri memang tidak suka membeli barang secara online kecuali jika barang itu tidak ada di sekitar toko daerah saya, tetapi dengan ada nya toko online terpercaya seperti blibli.com membuat saya mulai suka belanja online.


Cara Belanja Online Dengan Aman dan Lancar


Cara Belanja Online Dengan Aman
Cara Belanja Online Dengan Aman image from www.tulisbaca.com


Dulu Saya lebih suka membeli barang secara langsung bukan karena saya tidak pernah belanja online. Bagi saya membeli di toko lebih aman karena kita bisa cek kondisi barang secara langsung. Lagi pula membeli secara online juga butuh ongkir kecuali yang free ongkir.

Untuk barang yang free ongkir saja pada hakikatnya tetap ada ongkir nya, tapi sudah di potong dengan harga semula. Mana ada penjual yang mau rugi? Apalagi para penjual barang online, bukankah begitu? Jadi itu hanya teknik marketing saja.

Kecuali jika kamu membeli dari suplayer utama barang tersebut secara langsung. Tapi dalam artikel cara belanja online dengan aman ini. Untuk suplayer utama biasanya hanya menerima pesanan dalam jumlah banyak atau lebih dari 1. Nah, disini ada hal yang sangat penting agar kamu bisa terhindar dari penipuan jual beli online. Apa saja yang harus kamu waspadai? Simak ulasan cara jual beli online bebas penipuan:

Cara Belanja Online Dengan Aman


1. Cek Penjual
Pertama kamu harus cek penjual tersebut, kamu harus bisa memilih penjual yang benar-benar terpercaya. Bagaimana bisa mengetahui bahwa penjual itu terpercaya? Biasanya penjual yang terpercaya memiliki toko online dengan domain TLD atau top level domain, tapi ada juga yang menggunakan domain gratisan hanya saja bisa dipastikan itu adalah seorang reseller, jadi kamu sebaiknya cari yang paling murah dan dengan domain TLD seperti .com dll.

Penjual yang terpercaya biasanya menggunakan Police Online disana, akan ada tanda yang bertuliskan Police online. Untuk police online ini juga berbayar, jadi tidak mungkin penjual penipu yang menggunakan nya. Ini bisa menjadi salah satu hal yang juga bisa membuktikan bahwa penjual ini terpercaya. Alamat dan semua informasinya juga harus kamu cek.

2. Beli Barang Paling Murah
Jika kamu sudah yakin bahwa penjual tersebut memang terpercaya, sebaiknya kamu cari tahu dulu apakah harganya terlalu mahal atau tidak. Biasanya ciri penipu itu adalah harganya dibawah harga pasar. Kecuali jika memang suplayer dan ada syarat pembelian minimal, bisa jadi itu akan lebih murah karena memang dari tangan pertama. Namun jika itu bukan tangan pertama tapi harganya sangat murah, maka kamu wajib curiga.

3. Lihat Testimoni
Siapa bilang testimoni itu tidak penting? Testimoni sangatlah penting, jadi kamu harus melihat testimoni yang diberikan oleh pembeli sebelumnya. Tapi kamu harus bisa membedakan mana testimoni yang benar-benar asli dan mana yang tidak.

Terkadang ada testimoni yang dibuat-buat, dan itu bisa dilihat.  Jika testimoni merupakan komentar yang diberikan pengunjung, kamu bisa mencari tahu siapa orang tersebut dan lihat apakah dia adalah pelanggan atau hanya akun buatan saja. Biasanya orang yang benar-benar pelanggan akun nya cukup aktif sedangkan yang hanya akun buatan tidak akan ada banyak informasi dari akun tersebut.

4. Cari di Google
Tidak ada salahnya jika kamu mencarinya di google. Biasanya jika toko penipu akan di share oleh orang yang pernah ditipu. Misalnya toko A, maka kamu bisa mengetikkan kata "Toko A penipu" di google. Jika memang tidak ada, maka bisa dipastikan bahwa toko itu terpercaya, asalkan toko itu sudah cukup lama beroperasi. Lihat semua informasi yang keluar dari google.

Saya kira itu saja sudah cukup untuk membuktikan apakah seller tersebut adalah penjual yang terpercaya atau tidak. Yang paling penting dari cara belanja online dengan aman ini adalah kamu harus cari tahu siapa yang pernah membelinya dan cari tahu apakah barang bagus atau tidak.

Setidaknya ketika pertama kali belanja online dari suatu toko online, kamu jangan membeli dalam jumlah yang banyak. Kamu bisa membeli barang paling murah terlebih dahulu, dan jika barang dikirim dengan selamat, itu artinya toko online tersebut terpercaya. Tapi jika ternyata tidak, setidaknya kamu tidak kehilangan terlalu banyak uang. Tapi saya sangat merekomendasikan kepada kamu untuk membeli barang online melalui ecommerce yang sudah sangat terpercaya seperti blibli.com.

Jika kamu menemukan suplayer murah, tidak ada salahnya jika kamu menjadi seorang Reseller, dan bagi kamu yang ingin menjadi seorang reseller, silahkan baca terlebih dahulu cara menjadi reseller sukses.

Itulah cara belanja online dengan aman versi saya. Saya sendiri selalu melakukan hal itu untuk mencari tahu toko online baru yang ingin saya jadikan langganan. Bahkan saya dulu juga harap-harap cemas ketika baru pertama kali belanja online. Tapi ternyata toko online nya terpercaya karena saya memang menggunakan cara di atas untuk mencari tahu. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

0 komentar:

Post a comment