Home » » Cara Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas

Cara Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas


Cara Mengatasi Laptop Yang Cepat PanasBagi anda yang suka bekerja dengan menggunakan laptop, tentu harus siap menerima resiko bahwa laptop anda akan cepat panas ketika anda gunakan secara terus menerus dan tanpa henti. 

Laptop memang tidak sama dengan PC yang lebih bisa bertahan lama karena PC memiliki pendingin atau kipas yang bisa membuat nya lebih dingin. 

Namun bagaimana dengan laptop yang memiliki desain lebih kecil dan tidak memiliki alat pendingin?.

Bagi anda yang mengalami hal tersebut tentunya agak waswas karena laptop anda cepat panas dan hal itu akan berdampak pada performa laptop anda dan komponen-komponen yang ada di dalam nya. 

Dan berikut ini kami akan mengulaskan tentang cara mengatasi laptop yang cepat panas agar bisa anda gunakan dalam mengatasi masalah laptop anda:

Cara Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas
Cara Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas


Cara Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas


      1.            Menggunakan Cooling Pad

Cara mengatasi laptop yang cepat panas pertama adalah dengan menggunakan cooling pad, namun ketika anda menggunakan cooling pad sebagai sarana anda dalam mengurangi suhu panas laptop anda. 

Sebaiknya tidak terlalu sering karena cooling pad bisa membawa debu masuk ke dalam laptop anda, tentu hal ini akan berdampak buruk jika terlalu sering digunakan. 

Kegunaan dari cooling pad ini adalah bisa mengurangi suhu panas laptop 1 hingga 5 derajat.

      2.            Membersihkan Kipas atau Heatsink Laptop

Hal mendasar yang bisa membuat laptop cepat panas adalah bagian dari dalam laptop seperti processor, hardisk, baterai, VGA, adaptor dan kipas, sehingga anda perlu membersihkan nya. 

Tapi yang paling banyak mengundang masalah adalah kipas yang sudah banyak ditempeli debu, anda harus membersihkan nya agar debu tersebut hilang dan performa laptop anda kembali normal. 

Gunakanlah pelumas antara 3 minggu hingga 4 minggu sekali, bukalah middle cove dengan mencungkil secara hati-hati, dan bersihkan dengan kain halus atau cotton bud agar kotoran bisa terangkat semua.

      3.            Mengganti Thermal Paste CPU

Anda harus cek komponen yang ada di dalam laptop anda, jika tiba-tiba laptop anda blank ketika digunakan untuk main game atau melakukan multitasking, maka kemungkinan besar hal tersebut terjadi karena pendingin atau Thermal Paste CPU yaitu pengantar suhu dingin telah mengalami kekeringan dan perlu untuk diganti. 

Hal ini biasanya terjadi karena seiring digunakan nya laptop anda dan akhirnya mengalami dried out. Kalau hal ini terjadi tentu akan berakibat pada performa nya yang melambat dan suka blank. 

Jika anda sudah mengecek nya dan ternyata laptop anda cepat panas karena rusak nya thermal paste CPU laptop anda, maka anda harus segera menggantinya.

http://www.caraadsense.com/2016/03/cara-mengatasi-laptop-yang-cepat-panas.html


      4.            Andalkan Settingan Laptop

Cara mengatasi laptop yang cepat panas terakhir adalah dengan cara melakukan perubahan pada setting laptop anda. 

Selain anda bisa menggunakan cara mengurangi suhu laptop dengan membersihkan komponen luarnya, anda bisa menguranginya dengan settingan.

Misalnya anda bisa mengurangi intensitas cahaya pada LCD laptop anda, atau anda bisa mendownload software yang bisa membantu anda menurunkan suhu laptop seperti speedfan yang bisa mengontrol suhu pada processor dan komponen lain nya.

Selain itu anda juga bisa membuat laptop anda untuk tidak menggunakan banyak pengeluaran energy karena pengeluaran energy yang terlalu banyak serta penggunaan yang intents lah yang juga mempengaruhi performa mesin laptop anda, jadi kurangi pemakaian terlalu lama sementara waktu hingga laptop anda benar-benar beres.

Baca juga Cara Cek RAM Laptop dan Komputer

Bagaimana? 

Apakah ke 4 cara mengatasi laptop yang cepat panas di atas bisa membantu anda mengatasi masalah laptop anda? 

Cukup mudah bukan untuk dilakukan? 

Hal sepele seperti cepat panas nya laptop anda mungkin menjadi masalah yang sepele, namun jika terus anda biarkan akan membuat laptop anda rusak nantinya. 

Jadi ketika anda menggunakan nya dan merasa bahwa suju laptop anda sudah naik, maka sebaiknya anda mengistirahatkan nya agar bisa kembali normal. 

Hal ini bisa anda cek dengan meraba bagian bawah laptop anda, jika panas maka berhentilah dan tunggu beberapa saat. 

Demikian informasi tentang cara mengatasi laptop yang cepat panas, semoga bisa bermanfaat bagi anda. Terima kasih.

0 komentar:

Post a comment